Sabtu, 17 Maret 2012

RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF

Mata Pelajaran                      : PKn
Satuan pendidikan                : SMA
Kelas / Smester                      : XII / II
Materi pembelajaran            : Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama , orde baru dan reformasi
b.      Mendorong siswa untuk mendiskusikan alasan alasannya ketika memilih nilai dan posisinya dalam suatu masalah moral
c.       Melatih siswa agar mampu menyelesaikan suatu persoalan atau masalah yang berhubungan dengan pertentangan nilai.
d.      Agar siswa mampu menganalisa dan mendiskusikan Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama , orde baru dan reformasi
B.     Kompetensi dasar
Menganalisis pelaksanaan demokrasi di indonesia sejak orde lama, orde baru dan reformasi.
C.     Indikator
a.       Membandingkan demokrasi yang di terapkan di Indonesia sejak orde lama, orde baru dan reformasi
b.      Mendemonstrasikan pelaksanaan pilkada
D.    Materi pembelajaran
Pelaksanaan demokrasi di indonesia sejak orde lama , orde baru dan reformasi.
E.     Sumber Belajar
Buku pendidkan kewarganegaraan oleh  Sri Jutmini Winarmo

F.     Pelaksanaan pembelajaran
        Pertemuan I
No
Kegiatan pembelajaran
Metode
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
a.   Apersepsi
    Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan     kelas, dll)
b.  Motivasi
    Guru menjajaki kesiapan belajar siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari yaitu Pelaksanaan demokrasi di indonesia sejak orde lama , orde baru dan reformasi.



10


10



20
2
Kegiatan inti
a.       Guru menjelaskan proses pembelajaran yang akan dilakukan.
b.      Guru dan Siswa menggali informasi dari berbagai sumber tentang Pelaksanaan demokrasi di indonesia sejak orde lama , orde baru dan reformasi.
c.       siswa mendemonstrasikan mater yang sudah  dijelaskan
d.      Siswa dan Guru menarik kesimpulan tentang Pelaksanaan demokrasi di indonesia sejak orde lama , orde baru dan reformasi




10

40



10

60
3
Penutup
a.       Evaluasi
        Guru menggali daya ingat siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan secara lisan tentang materi yang telah diajarkan.
1.      Sebutkan berapa demokrasi yang diterapkan pada masa Orde Lama sampe Orde baru ?
2.      Sebutkan demokrasi yang diterapkan pada masa Reformasi sampai sekarang?
3.      Sebutkan 4 fungsi sarana Demokrasi politik
b.      Tindak lanjut
       Guru memberikan pekerjaan rumah : membuat kliping yang mengganmabarkan Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama , orde baru dan reformasi



Jumlah

90

G.     Penilaian
1.  Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek penilaian
Jmlh Skor
Nilai
ket


Kerja Sama
ket


Kerja Sama
Komunikasi
Keaktifan
Kedisiplinan



1








2









Keterangan                                        Keterangan Nilai
           
            Baik Sekali      : 4                    A = 80-100      Baik Sekali     
            Baik                 : 3                    B = 70-79        Baik
            Cukup             : 2                    C = 60-69        Cukup
            Kurang            : 1                    D = 55-60        Kurang

    Nilai = Skor Perolehan  X 100
                 Skor Maximal

2.  Penilaian Hasil Belajar

1.    Sebutkan berapa demokrasi yang diterapkan pada masa Orde Lama sampe Orde baru!
2.    Sebutkan demokrasi yang diterapkan pada masa Reformasi sampai sekarang!
3.    Sebutkan 4 fungsi sarana Demokrasi politik!




         Mengetahui
      Kepala Sekolah


(                                    )

                         Calon Guru


          ( Vitus Vitalis D. Riang Tobi )